SMPIT IQRO

Profile | Galery | Fasilitas | Kegiatan

SMP Islam Terpadu IQRO’ – Islamic Leadership School adalah lembaga yang dibuka mulai tahun 1998 yang diresmikan menjadi Semi Boarding School (ber-asrama) dengan sistem Sabtu – Ahad Siswa berada di rumah yang beralamat di Jl. Rawa Gede Wetan RT.007 RW.02 No. 7, Kelurahan Jatimelati, Kecamatan Pondok Melati

Visi
Untuk membangun Generasi yang Benar, Pintar dan Segar.

Misi

  1. Membentuk keimanan dan akhlakul karimahpada diri murid sesuai Qur’an dan Sunnah.
  2. Mengajarkan murid tentang ilmu pengetahuandan cara berpikir yang benar sesuai kurikulum yang sistematik dan terpadu.
  3. Menumbuhkembangkan kesadaran dantanggungjawab sosial murid melalui penyiapan wawasan sosial dan keterampilanhidup yang tepat.
  4. Membangun hubungan sinergis dan kerjasamaproduktif dengan orang tua, masyarakat dan pemerintah dalam optimalisasi prosesdan hasil pendidikan.

Struktur Organisasi SMPIT IQRO’



Data Guru dan Pegawai SMPIT IQRO’ Bekasi

SMP ISLAM TERPADU IQRO' - TAHUN 2023/2024

Tujuan
SMP Islam Terpadu IQRO’ – Ibnu Abbas bertujuan untuk melahirkan lulusan yang memiliki kualifikasi:

1. Salimul Aqidah/beraqidah bersih.

2. Shahihul Ibadah/ibadah dengan benar.

3. Matinul Khuluq/berakhlaq kokoh.

4. Qawiyyul Jismi/berbadan kuat.

5. Mutsaqqaful Fikri/berwawasan luas.

6. Qadirun Alal Kasbi/mampu berusaha.

7. Munazhzham fi Syu’unihi/rapi dalam segala urusan.

8. Mujahidun Linafsihi/bersemangat tinggi.

9. Nafi’un Lighaairihi/bermanfaat bagi sesama.

Fokus
SMP Islam Terpadu IQRO’ – Ibnu Abbas memfokuskan aktivitasnya pada pencapaian tujuan utama yaitu:

  1. Penanaman aqidah yang benar kepada Siswa.
  2. Kebiasaan ibadah yang benar menurut standar syar’i.
  3. Akhlaq mulia, sehingga menjadi teladan kebaikan bagi sesama.
  4. Mampu menghafal minimal 3 (tiga) juz Al Qur’an.
  5. Memiliki pengetahuan yang luas dan kokoh yang ditunjukkan dengan nilai Ujian Nasional yang memuaskan.
  6. Mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya ke sekolah unggulan.

Kurikulum
SMP Islam Terpadu IQRO’ – Ibnu Abbas menggunakan kurikulum yang terdiri dari:

  1. Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Bekasi yaitu Kurikulum Berbasis Kompetensi dan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) atau untuk pendidikan formal SMP yang dikemas dengan pendekatan yang sesuai dengan visi dan misi lembaga.
  2. Kurikulum lokal yang difokuskan pada kafa’ah qur’aniyyah, tafaqqah syar’iyyah dan maharah lughawiyyah.
  3. Kurikulum keterampilan yang mengarah kepada keterampilan life skill education.

Kegiatan Ekstra Kurikuler
Dalam pengembangan motivasi, kreativitas, imajinasi, dan penguatan fisik dan mental, Sekolah Ibnu Abbas mengembangkan beberapa kegiatan ekstra kurikuler antar lain:

  1. Pendidikan Kepemimpinan melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)
    Kepanduan.
  2. Olahraga seperti basket, sepak bola, bulu tangkis, tenis meja, bola volley, dan bela diri.
  3. Kelompok Hobi (nasyid, drama, melukis dan kaligrafi).
  4. Kelompok Kajian Ilmiah.
  5. Muhadharah (pidato) dengan tiga bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab.
  6. Ilmu pengetahuan dan teknologi seperti computer club.

Jadwal Kegiatan

  1. 04.00 – 05.00; Qiyamulail dan shalat Subuh
  2. 05.00 – 06.30; Al ma’tsurat, Tahfizhul Qur’an
  3. 06.30 – 07.30; Sarapan pagi dan persiapan sekolah
  4. 07.30 – 15.00; Belajar reguler
  5. 12.00 – 13.00; Istirahat, Shalat, Makan Siang
  6. 15.00 – 17.00; Shalat Ashar dan Ekstra Kurikuler
  7. 17.00- 18.00; Shalat Maghrib
  8. 18.00- 18.30; Hadits dan Makan Malam
  9. 18.30- 20.00 ; Shalat Isya dan Kajian Malam
  10. 20.00- 21.00; Belajar Mandiri
  11. 21.00- 04.00; Istirahat

Metode dan Pendekatan dalam KBM
Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di SMP Islam Terpadu IQRO’ – Ibnu Abbas dapat dilakukan indoor class maupun outdoor class, sehingga memungkinkan pengembangan metode yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran di antaranya: talaqqi (dalam pengajaran Al Qur’an), ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, eksperimen, simulasi, partisipasi, penggunaan alat (praktikum), latihan, penugasan, sosiodrama, pengembangan kelompok dan lain-lain.

Dalam program pengajaran dikembangkan pula beberapa pendekatan seperti Quantum Teaching, Quantum Learning, Integrated Study, Active Learning, yang kesemuanya diupayakan untuk mengembangkan kemampuan Siswa seluas-luasnya dalam pemahaman konsep dan mampu melakukan penerapan dalam kehidupan sehari-harinya.

Assesment (Penilaian)
Proses belajar mengajar agar dapat mencapai tujuan dan fokus materi yang disampaikan, maka dilakukan penilaian baik individu maupun kelompok. Penilaian dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain:
1.    Ulangan harian
2.    Ulangan per Semester
3.    Porto folio
4.    Penilaian proses
5.    Kuis dan permainan
6.    Tugas individu dan kelompok
7.    Pertanyaan lisan
8.    Laporan kerja praktek
9.    Dan lain-lain

Sarana dan Prasarana
Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar yang diharapkan maka diperlukan beberapa penunjang sarana prasarana. Sekolah Ibnu Abbas memiliki fasilitas sarana dan prasarana sebagai berikut:

> Asrama
Akhwat terdapat 14 kamar yang masing-masing kamar diisi untuk 6 Siswa dengan kamar mandi di dalam kamar. Sedangkan Ikhwan memiliki 3 kamar besar yang berada di dalam lingkungan sekolah dengan kapasitas masing-masing kamar untuk 20 Siswa dengan kamar mandi sebanyak 7 buah. Selama di asrama Siswa di dampingi oleh 3 musyrif dan 3 musyrifah.

> Kelas
Banyaknya kelas yang dipakai untuk kegiatan belajar mengajar adalah 6 rombongan belajar dengan kapasitas 25 – 30 Siswa, dengan pemisahan kelas ikhwan dan kelas akhwat

> Laboratorium
Laboratorium terdiri dari laboratorium Biologi dan Fisika, dengan kapasitas sebanyak 25 Siswa dengan pembagian jadwal yang terpisah sedangkan laboratorium Komputer dengan kapasitas 20 Siswa dengan pembagian jadwal yang disesuaikan dengan jumlah Siswa masing-masing kelas.

>Perpustakaan
Perpustakaan berisi buku-buku materi pelajaran yang dipakai di kelas, dan buku-buku penunjang dan media belajar audio-visual.

> Media Audio-visual
Media audio-visual digunakan untuk memperluas pemahaman konsep dan materi berbagai mata pelajaran. Fasilitas yang dimiliki antara lain televisi 29 inchi, VCD player, radio cassette, VCD.

> Media visual
Media visual digunakan untuk mempermudah proses pengajaran. Fasilitas yang dimiliki ialah Overhead Projector (OHP) dan Infocus.

> Kesenian
Alat musik Islami dimanfaatkan untuk mengembangkan kemampuan Siswa dalam berseni dan berirama Islami, juga untuk mengurangi kejenuhan selama berada di Sekolah. Fasilitas yang dimiliki antara lain drum sebanyak 1 set, rebana, tape recorder, kaset-kaset dan MP3 nasyid dari beberapa kelompok nasyid. Seni lukis/kaligrafi memiliki sejumlah perangkat seperti drum dan alat gambar.

> Olah raga
Olah raga selalu menjadi kebutuhan untuk mencurahkan energi dan keterampilan fisik oleh Siswa. Fasilitas yang dimiliki antara lain lapangan olahraga, alat-alat olahraga seperti sepak bola, tenis meja, basket, bola volley, kasti/rounders, bulu tangkis; pakaian seragam masing-masing jenis olahraga yang dipakai pada saat mengikuti perlombaan atau pertandingan.

> Unit Kesehatan Sekolah (UKS)
UKS digunakan untuk klinik kesehatan bagi Siswa yang sakit maupun membutuhkan terapi fisik, yang dilakukan oleh dokter yang sudah di sediakan oleh sekolah. Fasilitas yang dimiliki antara lain kerjasama dengan Klinik terdekat dari sekolah dengan pemanfaatan dokter umum, dokter spesialis dan laboratorium. Obat-obatan dengan standar UKS tersedia di UKS.

> Ruang Kantor
Ruang kantor digunakan untuk kebutuhan pelayanan Siswa dan orang tua/wali maupun tempat beraktivitas para pegawai dan Siswa. Fasilitas yang dimiliki antara lain ruang Mudir/Direktur Sekolah, ruang guru ikhwan/akhwat, ruang sekretariat dan tata usaha, ruang musyrif/musyrifah, ruang OSPIA.

> Mushalla
Mushalla digunakan untuk kegiatan ibadah maupun tempat pertemuan Komite Sekolah. Mushalla dimanfaatkan untuk Siswa ikhwan maupun akhwat.

> Kantin
Kantin digunakan untuk menyediakan kebutuhan Siswa dalam bentuk makanan, minuman yang disesuaikan dengan standar Sekolah, alat-alat tulis, peralatan sehari-hari.

Organisasi Sekolah

  • Kepsek : Ade Hartono, S.Ag
  • Kepala Kepesantrenan : Musyafa Mu’in, Lc
  • Wa Kasek Kesiswaan : Hari Cahyadi, S.T
  • Wa Kasek Kurikulum : Reni Oktavia, S.Si, M.Pd

Lokasi
Jl. Rawa Gede Wetan 007/02, Jatimelati, Pondok Melati – Kota Bekasi,
Telp/Fax: 021-84592429

Email : smpit.iqro@gmail.com

Kontak Person

  • Asi Wuryanto : 0813-1170-3076
  • Elinda Ramasari : 0882-9679-8564

Social Media