Profile | Galery | Fasilitas | Kegiatan
SMP Islam Terpadu IQRO’ – Islamic Leadership School adalah lembaga yang dibuka mulai tahun 1998 yang diresmikan menjadi Semi Boarding School (ber-asrama) dengan sistem Sabtu – Ahad Siswa berada di rumah yang beralamat di Jl. Rawa Gede Wetan RT.007 RW.02 No. 7, Kelurahan Jatimelati, Kecamatan Pondok Melati
Visi
Untuk membangun Generasi yang Benar, Pintar dan Segar.
Misi
Struktur Organisasi SMPIT IQRO’
Data Guru dan Pegawai SMPIT IQRO’ Bekasi
SMP ISLAM TERPADU IQRO' - TAHUN 2023/2024
Tujuan
SMP Islam Terpadu IQRO’ – Ibnu Abbas bertujuan untuk melahirkan lulusan yang memiliki kualifikasi:
1. Salimul Aqidah/beraqidah bersih.
2. Shahihul Ibadah/ibadah dengan benar.
3. Matinul Khuluq/berakhlaq kokoh.
4. Qawiyyul Jismi/berbadan kuat.
5. Mutsaqqaful Fikri/berwawasan luas.
6. Qadirun Alal Kasbi/mampu berusaha.
7. Munazhzham fi Syu’unihi/rapi dalam segala urusan.
8. Mujahidun Linafsihi/bersemangat tinggi.
9. Nafi’un Lighaairihi/bermanfaat bagi sesama.
Fokus
SMP Islam Terpadu IQRO’ – Ibnu Abbas memfokuskan aktivitasnya pada pencapaian tujuan utama yaitu:
Kurikulum
SMP Islam Terpadu IQRO’ – Ibnu Abbas menggunakan kurikulum yang terdiri dari:
Kegiatan Ekstra Kurikuler
Dalam pengembangan motivasi, kreativitas, imajinasi, dan penguatan fisik dan mental, Sekolah Ibnu Abbas mengembangkan beberapa kegiatan ekstra kurikuler antar lain:
Jadwal Kegiatan
Metode dan Pendekatan dalam KBM
Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di SMP Islam Terpadu IQRO’ – Ibnu Abbas dapat dilakukan indoor class maupun outdoor class, sehingga memungkinkan pengembangan metode yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran di antaranya: talaqqi (dalam pengajaran Al Qur’an), ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, eksperimen, simulasi, partisipasi, penggunaan alat (praktikum), latihan, penugasan, sosiodrama, pengembangan kelompok dan lain-lain.
Dalam program pengajaran dikembangkan pula beberapa pendekatan seperti Quantum Teaching, Quantum Learning, Integrated Study, Active Learning, yang kesemuanya diupayakan untuk mengembangkan kemampuan Siswa seluas-luasnya dalam pemahaman konsep dan mampu melakukan penerapan dalam kehidupan sehari-harinya.
Assesment (Penilaian)
Proses belajar mengajar agar dapat mencapai tujuan dan fokus materi yang disampaikan, maka dilakukan penilaian baik individu maupun kelompok. Penilaian dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain:
1. Ulangan harian
2. Ulangan per Semester
3. Porto folio
4. Penilaian proses
5. Kuis dan permainan
6. Tugas individu dan kelompok
7. Pertanyaan lisan
8. Laporan kerja praktek
9. Dan lain-lain
Sarana dan Prasarana
Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar yang diharapkan maka diperlukan beberapa penunjang sarana prasarana. Sekolah Ibnu Abbas memiliki fasilitas sarana dan prasarana sebagai berikut:
> Asrama
Akhwat terdapat 14 kamar yang masing-masing kamar diisi untuk 6 Siswa dengan kamar mandi di dalam kamar. Sedangkan Ikhwan memiliki 3 kamar besar yang berada di dalam lingkungan sekolah dengan kapasitas masing-masing kamar untuk 20 Siswa dengan kamar mandi sebanyak 7 buah. Selama di asrama Siswa di dampingi oleh 3 musyrif dan 3 musyrifah.
> Kelas
Banyaknya kelas yang dipakai untuk kegiatan belajar mengajar adalah 6 rombongan belajar dengan kapasitas 25 – 30 Siswa, dengan pemisahan kelas ikhwan dan kelas akhwat
> Laboratorium
Laboratorium terdiri dari laboratorium Biologi dan Fisika, dengan kapasitas sebanyak 25 Siswa dengan pembagian jadwal yang terpisah sedangkan laboratorium Komputer dengan kapasitas 20 Siswa dengan pembagian jadwal yang disesuaikan dengan jumlah Siswa masing-masing kelas.
>Perpustakaan
Perpustakaan berisi buku-buku materi pelajaran yang dipakai di kelas, dan buku-buku penunjang dan media belajar audio-visual.
> Media Audio-visual
Media audio-visual digunakan untuk memperluas pemahaman konsep dan materi berbagai mata pelajaran. Fasilitas yang dimiliki antara lain televisi 29 inchi, VCD player, radio cassette, VCD.
> Media visual
Media visual digunakan untuk mempermudah proses pengajaran. Fasilitas yang dimiliki ialah Overhead Projector (OHP) dan Infocus.
> Kesenian
Alat musik Islami dimanfaatkan untuk mengembangkan kemampuan Siswa dalam berseni dan berirama Islami, juga untuk mengurangi kejenuhan selama berada di Sekolah. Fasilitas yang dimiliki antara lain drum sebanyak 1 set, rebana, tape recorder, kaset-kaset dan MP3 nasyid dari beberapa kelompok nasyid. Seni lukis/kaligrafi memiliki sejumlah perangkat seperti drum dan alat gambar.
> Olah raga
Olah raga selalu menjadi kebutuhan untuk mencurahkan energi dan keterampilan fisik oleh Siswa. Fasilitas yang dimiliki antara lain lapangan olahraga, alat-alat olahraga seperti sepak bola, tenis meja, basket, bola volley, kasti/rounders, bulu tangkis; pakaian seragam masing-masing jenis olahraga yang dipakai pada saat mengikuti perlombaan atau pertandingan.
> Unit Kesehatan Sekolah (UKS)
UKS digunakan untuk klinik kesehatan bagi Siswa yang sakit maupun membutuhkan terapi fisik, yang dilakukan oleh dokter yang sudah di sediakan oleh sekolah. Fasilitas yang dimiliki antara lain kerjasama dengan Klinik terdekat dari sekolah dengan pemanfaatan dokter umum, dokter spesialis dan laboratorium. Obat-obatan dengan standar UKS tersedia di UKS.
> Ruang Kantor
Ruang kantor digunakan untuk kebutuhan pelayanan Siswa dan orang tua/wali maupun tempat beraktivitas para pegawai dan Siswa. Fasilitas yang dimiliki antara lain ruang Mudir/Direktur Sekolah, ruang guru ikhwan/akhwat, ruang sekretariat dan tata usaha, ruang musyrif/musyrifah, ruang OSPIA.
> Mushalla
Mushalla digunakan untuk kegiatan ibadah maupun tempat pertemuan Komite Sekolah. Mushalla dimanfaatkan untuk Siswa ikhwan maupun akhwat.
> Kantin
Kantin digunakan untuk menyediakan kebutuhan Siswa dalam bentuk makanan, minuman yang disesuaikan dengan standar Sekolah, alat-alat tulis, peralatan sehari-hari.
Organisasi Sekolah
Lokasi
Jl. Rawa Gede Wetan 007/02, Jatimelati, Pondok Melati – Kota Bekasi,
Telp/Fax: 021-84592429
Email : smpit.iqro@gmail.com
Kontak Person
Social Media