
Pada hari Sabtu, 15 Februari 2025, SDIT IQRO’ telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning), pelatihan tersebut merupakan kegiatan pembuka dari rangkaian kegiatan Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi Guru di Semester 2 Tahun Ajaran 2024/2025. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru kelas 1 hingga kelas 6 serta guru bidang studi dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam menerapkan konsep Mastery Learning dalam pembelajaran di kelas.
Kegiatan ini diselenggarakan oleh Tim Pengembang Kurikulum SDIT IQRO’ dengan narasumber Dra. Anggerina Nurtriana, Staff Khusus Direktur Lembaga Pendidikan. Dalam sesi pelatihan, beliau menyampaikan berbagai materi penting terkait implementasi Mastery Learning dengan menggunakan berbagai game sebagai simulasi.
Adapun materi pelatihan yang disampaiakan meliputi:
1. Urgensi Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) – Penjelasan mengenai pentingnya konsep pembelajaran tuntas dalam meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal.
2. Materi Pre-requisite – Pembahasan tentang materi prasyarat yang harus dikuasai sebelum melanjutkan ke pembelajaran berikutnya.
3. Materi pembelajaran yang harus dikuasai dengan tuntas oleh murid – Identifikasi kompetensi dasar yang wajib dipahami oleh setiap siswa.
4. Pengelolaan kegiatan remedial dan pengayaan di kelas – Strategi dalam memberikan bimbingan tambahan bagi siswa yang membutuhkan remedial serta pengayaan bagi siswa yang telah menguasai materi dengan baik.
Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para guru dapat lebih efektif dalam mengelola pembelajaran sehingga setiap siswa memiliki kesempatan untuk mencapai pemahaman yang mendalam terhadap setiap materi yang dipelajari. Serta materi-materi dalam pelatihan nantinya akan “dipertajam” melalui forum KKG (Kelompok Kerja Guru) per Jenjang.
Kegiatan ini menjadi langkah nyata dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SDIT IQRO’ guna mendukung tercapainya hasil belajar yang optimal bagi seluruh murid.