Konsep literasi pada anak merupakan proses berkelanjutan yang sangat dinamis, mulai dari munculnya rasa ingin tahu, kemampuan berpikir kritis, berbahasa lisan, hingga pada kemampuan membaca dan menulis. Kemampuan tersebut mengikuti perkembangan zaman untuk digunakan dalam proses belajar sepanjang hayatnya. Literasi pada anak usia dini erat kaitannya dengan perkembangan kemampuan berbahasa anak. Pada usia 4-6 tahun anak harus mampu memahami bahasa dan menyampaikan bahasa.
Literasi yang bermakna dapat diperoleh oleh anak melalui interaksi bersama teman, guru, dan orangtua serta lingkungan sekitarnya. Salah satu literasi bemakna dari lingkungan sekitar adalah melalui pojok bacaan. Pojok bacaan adalah tempat bagi anak untuk memilih, membaca, dan mendengarkan cerita dari buku.
Pada bulan bahasa tahun ini, TKIT IQRO’ mengambil pojok bacaan sebagai media tempat bermain anak sebelum waktunya masuk ke kelas. Pojok bacaan disediakan di pelataran kelas untuk kelas A dan di halaman sekolah untuk kelas B. Pojok bacaan di TKIT IQRO’ pada Kamis, 27 Oktober 2022 mengangkat 3 tema besar yaitu hewan, tumbuhan, dan kisah Para Nabi. Buku-buku yang disediakan memiliki lebih banyak gambar/ilustrasi dan sedikit teks.
Setelah bel masuk berbunyi, anak-anak melaksanakan lomba. Untuk kelas A, terdapat lomba klasifikasi huruf alphabet dan hijaiyyah serta menyusun puzzle angka. Sedangkan untuk kelas B, lombanya adalah menyusun huruf menjadi kata, puzzle hijaiyyah, menyusun kata menjadi kalimat. Alhamdulillah, kegiatan berlangsung dengan lancar dan kondusif.
Pada keesokan harinya, Jum’at tanggal 28 Oktober 2022 teman-teman kecil di TKIT IQRO’ menonton panggung boneka yang terbagi menjadi 2 ruangan. Ruang Rapat TKIT IQRO’ untuk kakak-kakak kelas B dan Ruang Playground Indoor untuk adik-adik kelas A. Barakallah fiikum teman-teman hebat TKIT IQRO’, semoga dengan pengalaman literasi kali ini dapat meningkatkan pemahaman membaca dan menumbuhkan minat terhadap bacaan. Aamiin