
Pada tanggal 31 Oktober – 1 November 2022 Sekolah Dasar Islam Terpadu IQRO’ telah menyelenggarakan Asesmen Nasional (AN). Sebanyak 30 murid SDIT IQRO’ dipilih oleh kemendikbudristek untuk menjadi peserta AN Tahun 2022. Seperti pelaksanaan AN tahun sebelumnya, AN tahun ini dilaksanakan selama dua hari. Dalam satu hari murid dibagi menjadi dua sesi. Masing-masing sesi diikuti oleh 15 murid. Sesi pertama berlangsung mulai pukul 07.30 sampai dengan 09.30. Sedangkan sesi kedua berlangsung mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 12.30. Pada hari pertama murid mengerjakan soal literasi membaca dan survei karakter. Sedangkan pada hari kedua murid mengerjakan soal literasi matematika atau onumerasi dan survei lingkungan belajar.
Pada pelaksanaan AN tahun 2022 dilaksanakan secara semi online. Sekolah menyediakan satu unit komputer server dan lebih dari 15 komputer klien. Komputer server berfungsi untuk mengakses secara daring dengan sistem AN Kemendikbudristek. Sedangkan komputer klien adalah komuter yang digunakan murid untuk mengerjakan soal yang terkoneksi dengan server dalam satu jaringan. Sesuai dengan Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek, untuk menangani aspek teknis aplikasi pelaksanaan AN sekolah menunjuk seorang petugas atau proktor.
Alhamdulilah, pelaksanaan AN 2022 di SDIT IQRO'; berjalan dengan tertib dan lancar. Selama pelaksanaan AN, murid diawasi oleh guru-guru pada jenjang kelas 5.
Berdasarkan materi sosialisasi dari Kemendikbudristek, AN adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah. Mutu sekolah dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar
Asesmen Nasional tidak menentukan kelulusan. Asesmen Nasional diberikan kepada murid bukan di akhir jenjang satuan pendidikan. Asesmen Nasional juga tidak digunakan untuk menilai peserta didik yang menjadi peserta asesmen. Hasil
Asesmen Nasional tidak akan memuat skor atau nilai peserta didik secara individual. Seperti dijelaskan sebelumnya, hasil Asesmen Nasional diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran. Dengan demikian, Asesmen Nasional tidak terkait dengan kelulusan peserta didik. Penilaian untuk kelulusan peserta didik merupakan kewenangan pendidik dan satuan Pendidikan
Semoga hasil AN 2022 di Sekolah Dasar Islam Terpadu IQRO’ lebih baik dibanding dengan tahun sebelumnya. (AMS)