TKIT IQRO

Profile | Galery | Fasilitas | Kegiatan

Profil TK Islam Terpadu IQRO’

TKIT IQRO’ adalah lembaga pendidikan prasekolah yang sudah berdiri sejak tahun 1993 dengan nama Taman Qur’an IQRO’. Menjelang tahun 2000 kami berbah nama menjadi Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu IQRO’.

Dari tahun ke tahun jumlah anak didik kami bertambah mulai dari 16 murid hingga 200 murid di tahun ajaran 2000/2001. Selanjutnya kami mulai mengurangi jumlah murid di setiap kelas dari 25 murid menjadi 20 murid.

Hal ini kai lakukan sebagai salah satu upaya untuk dapat memberikan bekal pendidikan yang lebih efektif dan menyenangkan bagi anak didik.

Dalam pembelajaran, kami terus berusaha mengembangkan metode yang tepat. Bukan sekedar baru melainkan mampu membangun pendidikan pendidikan sesuai fitrah dengan memperhatikan perkembangan ilmu dan teknologi tepat guna.

Kami bercita-cita membangun generasi yang Benar, Pintar, Segar. Benar karena anak didik diarahkan menjadi pribadi-pribadi dengan aqidah yang lurus, akhlak yang kokoh dan ibadah yang benar. Merekapun diarahkan menjadi Pintar yang memiliki kemampuan dan keterampilan hidup (life skill) yang memadai. 

Anak didik dibimbing untuk membiasakan pola hidup sehat sehingga memiliki fisik yang Segar (Sehat dan Bugar). Kelak tidak hanya menjadi anggota masyarakat yang sukses namun juga stabil, berpengaruh dan bermanfaat dalam kehidupannya di masyarakat. Menjalankan amanah Allah sebagai khalifah di bumi ini.

 

VISI MISI TK ISLAM TERPADU IQRO’

VISI :

 Membangun generasi yang benar ibadahnya, pintar keterampilan hidupnya dan segar fisiknya. 

MISI :

1. Membentuk keimanan dan akhlakul karimah pada diri murid sesuai Qur’an dan Sunnah

2. Mengajarkan murid tentang ilmu pengetahuan dan cara berfikir yang benar sesuai kurikulum yang    sistematik dan terpadu.

3. Menumbuhkembangkan kesadaran dan tanggung jawab sosial murid melalui penyiapan wawasan social dan keterampilan hidup sehat.

4. Membangun hubungan sinergi dan kerjasama produktif dengan orangtua, masyarakat dan pemerintah dalam optimalisasi proses dan hasil pendidikan.

5.  Membimbing dan membiasakan murid untuk pola hidup sehat sehingga memiliki fisik yang segar (Sehat    dan Bugar).

 

Untuk Mewujudkan Visi Misi tersebut kami berupaya untuk :

1. Menerapkan kurikulum yang terpadu (Integrated Curriculum) baik secara materi umum dan keagamaan maupun lintas ilmu dan ketrampilan.

2. Bekerjasama dengan orangtua murid dalam membangun lingkungan yang  kondusif, sehingga potensi anak didik dapat berkembang dengan optimal  tanpa kehilangan fitrahnya.

3. Merancang pembelajaran dengan pendekatan yang patut untuk anak, bukan sekedar fun (bersenang-senang) melainkan juga memberikan tantangan yang akan melahirkan kematangan.

 

PROFIL KELULUSAN TK ISLAM TERPADU IQRO’

1. Salimul Aqidah (Good Faith)

Aqidah yang bersih (salimul aqidah) merupakan sesuatuyang arus ada pada setiap murid. Dengan aqidah yang bersih, seorang murid akan memiliki ikatan yang kuat kepada Allah SWT dan dengan ikatan yang kuat itu dia tidak akan menyimpang dari jalan dan ketentuan-ketentuan-nya. Dengan kebersihan dan kemantapan aqidah, seorang murid akan menyerah segala perbuatannya kepada Allah sebagaimana firman-Nya yang artinya : ‘ Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku, semua bagi Allah Tuhan semesta alam’ yang amat penting,maka ini menjadi hal yang pertama dan utama atas pertumbuhan pribadi murid lainnya.

2. Shahihul Ibadah (Right Devotion)

Ibadah yang benar (shahihul ibadah) merupakan salah satu perintah Rasul SAW yang penting, dalam satu haditsnya; beliau menyatakan: ‘shalatlah kamu sebagaimana kamu melihat aku shalat.’ Dari ungkapan ini maka dapat disimpulkan bahwa dalam melaksanakan setiap peribadatan haruslah merujuk kepada sunnah Rasul SAW yang berarti tidak boleh ada unsur penambahan atau pengurangan, begitu pula penumbuhan pemahaman ibadah lainnya, baik ibadah dalam pengertian umum maupun dalam pengertian khusus.

3. Matinul Khuluq (Strong Character)

Akhlak yang kokoh (matinul khuluq) atau akhlak yang mulia merupakan sikap dan perilaku yang harus dimiliki oleh murid IQRO’, baik dalam hubungannya kepada Allah maupun dengan makhluk makhluk-Nya. Dengan akhlak yang mulia, dan kokoh sesuai dengan nilai-nilai islam  serta selaras dengan norma-norma sosial yang berlaku, manusia akan bahagia dalam hidupnya, baik di dunia apalagi di akhirat. Karena begitu penting memiliki akhlak yang mulia bagi umat manusia, khususnya pada usia tumbuh kembang bagi murid-murid IQRO’,maka kita perlu mengingat pesan Allah melalui AL-Qur’an tentang Rasulullah SAW diutus untuk memperbaiki akhlak dan beliau sendiri telah mencontohkan kepada kita akhlaknya yang agung sehingga diabadikan oleh Allah di dalam Al-Qur’an, yang artinya: ‘Dan sesungguhnya kamu benar-benar memiliki akhlak yang agung’ (QS 68:4).

4. Qowiyyul Jismi (Physical Power)

Kekuatan jasmani (qowiyyul jismi) merupakan salah satu sisi pribadi muslim yang harus ada. Kekuatan jasmani berarti seorang murid IQRO’ memiliki daya tahan tubuh (imun) terhadap berbagai serangan penyakit, sehingga dapat melaksanakan ajaran islam secara optimal dengan fisiknya yang kuat, seimbang dan proposional. Shalat, puasa, zakat dan haji merupakan amalan di dalam islam yang harus dilaksanakan dengan fisik yang sehat atau kuat, apalagi perang di jalan Allah dan bentuk-bentuk perjuangan lainnya, khususnya seorang murid IQRO’ dalam mengemban amanah untuk belajar bisa optimal, dibutuhkan otak yang sehat dan cerdas, badan yang sehat mendapat perhatian seorang murid IQRO’, dan pencegahan dari penyakit jauh lebih utama daripada pengobatan. Karena kekuatan jasmani juga termasuk yang penting, maka Rasulullah SAW bersabda, yang artinya: ‘Mu’min yang kuat lebih aku cintai daripada mu’min yang lemah’ (HR. Muslim).

5. Mutsaqqoful Fikri (Thinking Brilliantly)

Intelek dalam berpikir (mutsaqqoful fikri) merupakan salah satu sisi pribadi muslim yang penting. Karena salah satu sifat Rasul adalah fatonah (cerdas) dan Al-Qur’an banyak mengungkap ayat-ayat yang merangsang manusia untuk berpikir, misalnya firman Allah yang artinya: Mereka bertanya kepadamu tentang, khamar dan judi. Katakanlah: ‘pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia,tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya’. Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: ‘Yang lebih dari keperluan’. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berpikir (QS 2:219). Di dalam Islam, tidak ada satupun perbuatan yang harus kita lakukan, kecuali harus dimulai dengan aktivitas berpikir. Karenannya seorang murid IQRO’ harus memiliki wawasan keislaman dan keilmuan yang luas. Bisa kita bayangkan, betapa bahayanya suatu perbuatan tanpa mendapatkan pertimbangan pemikiran secara matang terlebih dahulu. Oleh karena itu Allah mempertanyakan kepada kita tentang tingkatan intelektualitas seseorang sebagaimana firman-Nya yang artinya: Katakanlah  mengetahui dengan orang yang tidak mengetahui, sesungguhnya orang-orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran (QS 39:9).

6. Mujahadatun Linafsihi (Continence)

Berjuang dengan kesungguhan (mujahadatun linafsihi) merupakan salah satu kepribadian yang harus ada pada diri seorang murid IQRO’, karena setiap mansia memiliki kecenderungan pada yang baik dan yang buruk, giat dan malas, hemat dan boros, oleh karenannya maka amat menuntut adanya kesungguhan dan kesungguhan itu akan ada manakala seseorang berjuang dan bersungguh-sungguh dalam melawan hawa nafsu. Oleh karena itu hawa nafsu yang ada pada diri manusia harus diupayakan tunduk pada ajaran islam, Rasulullah SAW bersabda yang artinya: ‘Tidak beragamanya seseorang dari kamu sehingga ia menjadikan hawa nafsunya mengikuti apa yang aku bawa (ajaran islam) (HR. Hakim).

7. Harishun’ala Waqtihi (Good time management)

Pandai menjaga waktu (harishun ala waqtihi) merupakan faktor penting manusia. Hal ini karena waktu itu sendiri mendapat perhatian yang begitu besar dari Allah dan Rasul-Nya. Allah SWT banyak bersumpah di dalam Al-Qur’an dengan menyebut nama waktu seperti wal fajri, wad dhuha, wal asri, wallaili dan sebagainya. Allah SWT memberikan waktu kepada manusia dalam jumlah yang sama setiap yakni 24 jam sehari semalam. Dari waktu yang 24 jam itu, ada manusia yang beruntung dan tak sedikit manusia yang rugi. Karena itu tepat sebuah semboyan yang menyatakan: ‘Lebih baik kehilangan jam daripada kehilangan waktu’. Atau pernyataan seorang Ulama “alwajibu aktsaru minal auqot yang artinya kewajiban lebih banyak dari pada waktu yang tersedia”. Oleh karena itu setiap murid IQRO’ amat dituntut untuk memanage waktunya dengan baik, sehingga waktu dapat berlalu dengan penggunaan yang efektif, tak ada yang sia-sia. Maka diantara yang disinggung oleh Nabi SAW adalah memanfaatkan momentum lima perkara sebelum dating lima perkara, yakni waktu hidup sebelum mati, sehat sebelum sakit, muda sebelum tua, senggang sebelum sibuk dan kaya sebelum miskin.

8. Munazhzamun fi Syu’unihi (Well Organized)

Teratur dalam suatu urusan (munzhzhamun fi syuunihi) termasuk kepribadian seorang muslim yang ditekankan oleh Al-Qur’an maupun sunnah. Oleh karena itu dalam hukum islam, baik yang terkait dengan masalah ubudiyah maupun muamalah harus diselesaikan dan dilaksanakan dengan baik. Ketika suatu urusan ditangani secara bersama-sama, maka diharuskan bekerjasama dengan baik sehingga Allah menjadi cinta kepadanya. Dengan kata lain,suatu urusan dikerjakan secara profesionalisme selalu mendapat perhatian darinya. Bersungguh-sungguh, bersemangat dan berkorban, adanya kontinyuitas dan berbasis ilmu pengetahuan merupakan diantara yang mendapat perhatian secara serius dalam menunaikan tugas-tugasnya.

9. Qodirun ‘alal Kasbi (Independent)

Memiliki kemampuan usaha sendiri atau yang juga disebut dengan mandiri (qodirun alal kasbi) merupakan ciri lain yang harus ada pada seorang muslim. Ini merupakan sesuatu yang amat diperlukan. Mempertahankan kebenaran dan berjuang menegakkannya baru bisa dilaksanakan manakala seseorang memiliki kemandirian, terutama dari segi ekonomi. Tak sedikit seseorang mengorbankan prinsip yang telah dianutnya karena tidak memiliki kemandirian dari segi ekonomi. Karena itu untuk memunculkan kemandirian dalam bidang ekonomi maka murid IQRO’ diarahkan untuk tumbuh jiwa interpreneurship (jiwa kewirausahaan), ini sebagai bekal kemandirian dalam mengarungi kehidupannya sehingga menjadi seorang muslim kaya bahkan memang harus kaya agar dia bisa menunaikan haji dan umroh, zakat, infaq, shadaqah, dan mempersiapkan masa depan yang baik. Oleh karena itu perintah mencari nafkah amat banyak di dalam Al-Qur’an maupun hadits dan hal itu memiliki keutamaan seorang muslim amat dituntut memiliki keahlian apa saja yang baik, agar dengan keahliannya itu menjadi sebab baginya mendapat rizki dari Allah SWT, karena rizki yang telah Allah sediakan harus diambil dan mengambilnya memerlukan skill atau keterampilan.

10. Naafi’un Lighoirihi (Giving Contribution)

Bermanfaat bagi orang lain (nafi’un lighoirihi) merupakan sebuah tuntutan kepada setiap muslim. Manfaat yang dimaksud tentu saja manfaat yang baik sehingga dimanapun dia berada, dan dalam segala aspek pada setiap murid IQRO’ yang mereka punyai dan mampu, baik dalam hal pemikiran, harta, maupun jiwa untuk kebermanfaatan bagi masyarakat sekitar. Maka jangan sampai seorang muslim adanya tidak menggenapkan dan tidak adanya tidak mengganjilkan. Ini berarti setiap muslim itu harus selalu berpikir, mempersiapkan dirinya dan berupaya semaksimal untuk bisa bermanfaat dalam hal-hal tertentu sehingga jangan sampai murid IQRO’ itu tidak bisa mengambil peran yang baik dalam masyarakatnya. Dalam kaitan inilah, Rasulullah SAW bersabda yang artinya: ‘sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. (HR. Qudhy dari Jabir).

 

TUJUAN SEKOLAH TK ISLAM TERPADU IQRO’

1. Mempersiapkan anak usia dini untuk memasuki pendidikan dasar dengan pendekatan learning by doing.

2. Mewujudkan suasana TK yang kondusif dan administrasi yang transparan dan tertib.

3. Mengembangkan minat anak agar mandiri, cerdas, aktif dan kreatif.

4. Mengasuh dan membina anak usia dini dengan penuh kasih sayang dan kesabaran yang ikhlas. 

 

KEUNGGULAN SEKOLAH KAMI

1. Tahfidz Al Qur’an setengah juz (juz 30) dengan benar dan sesuai makhroj

2. Terakrediatsi A tahun 2008

3. Terakreditasi A tahun 2018

4. Terpilih sebagai Sekolah Ramah Anak

 

PRESTASI MURID

1. Juara I Lomba Puisi Tingkat TK/PAUD pada acara Gebyar Anak Muslim, 2019

2. Juara Umum Lomba PORSENI IGTK se Kecamatan Pondokgede, 2017, 2018, 2019

3. Juara II Lomba Membaca Puisi pada acara Karya Seni Anak Bangsa se Kota Bekasi, 2018

4. Juara Favorit Lomba Membaca Puisi pada acara Karya Seni Anak Bangsa se Kota Bekasi, 2018

5. Juara III Lomba Mewarnai pada acara Karya Seni Anak Bangsa se Kota Bekasi, 2018

6. Juara II Lomba Hafalan Surat Pendek Tingkat TK se JABODETABEK, Gebyar Muharram 1440, 2018

7. Juara I Lomba Hafalan Al Qur’an pada acara Gebyar Muharram 1439 H di Al Azhar 9 Kemang Pratama, 2017

8. Juara I Lomba Futsal PORSENI IGTK se Kecamatan Pondokgede, 2014

9. Juara III Lomba Mewarnai Tingkat Kota Bekasi, 2014

 

PRESTASI GURU

1. Juara II pada acara Diklat Peningkatan Kompetensi PAUD se Kota Bekasi, 2019

2. Juara I Lomba Mendongeng Tingkat Guru TK/PAUD dalam rangka Hari Kartini se Kecamatan Pondokgede, 2013

3. Juara  I Lomba Karya Cipta Puisi Tingkat Guru TK/PAUD dalam rangka Hari Kartini  se Kecamatan Pondokgede, 2013

4. Juara II pada acara Diklat Peningkatan Kompetensi PAUD se Kota Bekasi, 2019

 

Kurikulum

1. Menerapkan kurikulum yang terpadu (Integrated Cirriculum) baik secara materi umum dan keagamaan maupun lintas ilmu dan keterampilan.

2. Kurikulum Nasional (kurikulum 2013) dengan pendekatan student center dan berbasis muwashofat

3. Pembelajaran Al Qur’an setengan juz 30

4. Bekerjasama dengan orangtua dalam membangun lingkungan yang kondusif,. Sehingga potensi anak didik dapat berkembang dengan optimal tanpa kehilangan fitrahnya.

5. Merancang pembelajaran dengan pendekatan yang patut untuk anak, bukan sekedar fun (bersenang-senang) melainkan juga memberikan tantangan yang akan melahirkan kematangan.

 

Kokurikuler

1. Literasi

2. Sholat Berjama’ah

3. Kunjungan Edukasi (Educational Field Trip)

4. Fun Cooking

5. Manasik Haji

6. Tarhib Ramadhan

7. Outbound

8. Renang, Futsal

9. QPL (Qurban Pratical Learning)

10. Peringatan Hari Besar Islam dan Nasional

 

Evaluasi & Pelaporan

1. Anecdot Record

2. Assembly & Market Day

3. Portofolio

4. Puncak Tema “Pentas Seni & Kreasi”

5. Laporan Tengah Semester

6. Laporan Akhir Semester

7. Laporan Akhir Tahun

 

Waktu Belajar

1. Hari : Senin -Jum’at

2. Waktu : Pkl. 07.15-11.30 wib

   kecuali hari Jum’at pkl. 10.30 wib

3. Sabtu : Libur

 

Fasilitas

1. Gedung Milik Sendiri

2. Ruang Kelas ber AC

3. Playground Indoor & Outdoor

4. Masjid

5. Perpustakaan

6. Kolam Renang

7. Lapangan Olahraga

8. Kantin

9. Halaman Parkir

 

PROFIL GURU
TK ISLAM TERPADU IQRO’

Murid TKIT IQRO’ dibimbing oleh para guru dengan latar belakang pendidikan yang sesuai (pendidikan guru TK). Setiap kelas (20 anak) dibimbing oleh dua orang guru.

 

NO

NAMA PEGAWAI

PENDIDIKAN

JABATAN

LAMA BEKERJA

1

Siti Hafifah, S.Pd.I

S-1

Kepala Sekolah

23 Tahun

2

Nemia Manua, S.Pd

S-1

Wakil Kepala Sekolah

14 Tahun

3

Ratna Permata Sari, S.Pd.I

S-1

Guru Kelas

22 Tahun

4

Dina Rachmawati, S.Pd.I

S-1

Guru Kelas

22 Tahun

5

Sri Widawati, S.Pd.I

S-1

Guru Kelas

18 Tahun

6

Ika Trisnawati, S.Pd.I

S-1

Guru Kelas

18 Tahun

 

Omah Maryamah, S.Pd.I

S-1

Guru Kelas

17 tahun

8

Dian Rahmawati, S.Pd.I

S-1

Guru Kelas

16 Tahun

9

Daryanti mandasari, S.Pd

S-1

Guru Kelas

9 Tahun

10

Septi Oktarini, S.Pd

S-1

Guru Kelas

16 tahun

11

Firda Syarifatunnisa, S.Pd

S-1

Guru Kelas

2 Tahun

12

Nurjanah, S.Pd

S-1

Guru Kelas

2 Tahun

13

Siti Hasanah, S.Pd

S-1

Guru Kelas

2 Tahun

14

 Nur Andini, S, Ag

S-1

Guru Kelas

2 Tahun

15

Fathimah Az Zahrah, S.Pd

S-1

Guru Kelas

1 Tahun

16

Hafsoh Saidah

D-1 PGTK

Guru Kelas

1 Tahun

17

Hening Laila Zahra, S.Pd

S-1

Tata Usaha

9 Tahun

18

Saripudin

SMA

Petugas Kebersihan

16 Tahun

 

Kontak Person

  • Hening : 0858-7558-7527
  • Nemia : 0813-8813-6364

Social Media